Selasa, 05 Juni 2012

RPP KELAS X/1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah         : SMA/MA
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    : X/1
Alokasi Waktu        : 2 x 45 Menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
Mendengarkan: Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak    langsung.
B.    KOMPETENSI DASAR
Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan non berita)
C.    INDIKATOR
1.    Kognitif
a.    Proses
•    Mampu mencatat pokok-pokok berita berdasarkan berita yang  di dengar melalui rekaman radio.
b.    Produk
•    Mampu menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtun dan jelas.  
2.    Psikomotor
•    Mampu mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar ( menyetyjui, menolak , menanmbahkan pendapat).
3.    Afektif
a.    Karakter
1.    Tanggung jawab
2.    Tekun
3.    Kreatif
4.    Kritis
5.    Disiplin  
b.    Keterampilan Sosial
1.    Inisiatif dalam (kerja sama) kelompok
2.    Berbahasa santun dan komunikatif
3.    Partisipasi dalam (kerja kelompok)

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Kognitif
a.    Proses
Setelah mendengarkan siaran berita melalui rekaman radio, siswa secara berkelompok diharapkan dapat:
•    Dapat menuliskan isi siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtun dan mudah dipahami dengan benar.
b.    Produk
Setelah mendiskusikan hasil pencapaian tujuan proses di atas, siswa secara berkelompok diharapkan dapat:
•    Dapat menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtun dan jelas dengan benar.
2.    Psikomotor
Setelah menguasai hasil tujuan produk di atas, siswa secara berkelompok dapat:
•    Dapat mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat).
3.    Afektif
a)    Karakter
Dengan arahan, bimbingan, dan motivasi yang diberikan oleh guru, siswa diharapkan dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran di kelas pada umumnya maupun dalam melaksanakan tugas kelompok dan tugas mandiri pada khususnya degan memperlihatkan kemajuan prilaku positif yang meliputi taggung jawab, tekun, kreatif, dan disiplin.
b)    Kecakapan Sosial
Dengan arahan, motivasi, dan strategi pembelajaran yang diharapkan oleh guru dikelas, siswa diharapkan dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran di kelas dengan menunjukkan kemajuan kecapaian sosial yang meliputi inisiatifdalam (kerja sama) kelompok, berbahasa santun dan komunikatif, partisipasi, dalam (kerja sama) kelompok.

E.   MATERI PEMBELAJARAN
a.    Siaran (langsung) dari radio/ televisi,teks yang dibacakan, atau rekaman berita /non berita
-    Pokok-pokok isi berita
-    Penanggapan isi berita

F.   METODE PEMBELAJARAN
-    Diskusi
-    Tanya jawab
-    Penugasan

G.  BAHAN/MEDIA
1. Rekaman berita
2. Lembar Kerja Siswa (LKS)

F.   ALAT
1.    Tape Recorder
2.    Format Evaluasi
3.    Format evaluasi (Proses dan Hasil)
4.    Pedoman penilaian dan penskoran
G.   SKENARIO PEMBELAJARAN
No.    Kegiatan    Penilaian Pengamatan
        1    2    3    4
A.    Kegiatan Awal (10 menit)
1.    Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan mengecek kehadiran, serta kesiapan siswa
2.    Guru melakukan apersepsi dan memotivasi siswa
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
               
B.    Kegiatan inti (70 menit)
1.    Guru menjelaskan langkah-langkah memperoleh informasi dan berita yang didengar.
2.    Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
3.    Guru memperdengarkan berita yang telah disiapkan.
4.    Siswa diminta menyebutkan informasi yang terdapat dalam berita yang diperdengarkan guru.
5.    Siswa mencatat pokok-pokok berita.
6.    Siswa menuliskan pokok-pokok berita dalam beberapa kalimat.
7.    Siswa menyampaikan isi berita yang di dengar dengan kalimat sendiri.
8.    Siswa menanggapi isi berita yang dibacakan kelompok lain
9.    Siswa memberikan penilaian terhadap hasil kerja kelompok lain.
                
C.    Kegiatan Akhir (30 menit)
1.    Guru memberikan penguatan kepada siswa yang melakukan kegiatan pembelajaran dengan benar dan memotivasi siswa yang kurang mampu.
2.    Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pembelajaran
               

H.  SUMBER PEMBELAJARAN
    1. Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas X
    2. Lembar Pegangan Guru
    3. LKS 1 DAN LKS 2
    4.LP 1, LP2 dan LP3
    5. Silabus

I.  EVALUASI DAN PENILAIAN
1)    Evaluasi
a.    Evaluasi Proses : dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktifitas siswa dalam menggarap tugas, diskusi, kegiatan tanya jawab, dan dialog informal.
b.    Evaluasi Hasil     : dilakukan berdasarkan analisis hasil pekerjaan berdasarkan  LKS 1 dan LKS 2.
2)    Penilaian
a.    Jenis tagihan penilaian
•    Tugas Kelompok : LKS 1 dan LKS 2, LP 1 DAN LP 2
b.    Bentuk instrument penilaian :
1.    Uraian bebas
2.    Lembar Penilaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar